Bimbingan Teknis Pengajar Utama Revitalisasi Bahasa Minahasa dialek Tountemboan Tahun 2024 Di Kabupaten Minahasa Selatan

Keberadaan bahasa daerah di berbagai daerah di Indonesia makin lama makin terpinggirkan karena ditinggalkan oleh penuturnya. Demikian pula dengan bahasa Minahasa dialek Tountemboan. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk mengimbaskan kemampuan berbahasa Minahasa dialek Tountemboan kepada generasi muda, khususnya kepada anak-anak usia sekolah. Karena hal tersebut, Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara yang merupakan Unit Pelaksana Teknis dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Pengajar Utama Revitalisasi Bahasa Minahasa dialek Tountemboan di Kabupaten Minahasa Selatan. Kegiatan yang dilaksanakan pada 20 Mei 2024 sampai dengan 23 Mei 2024 di Hotel Sutanraja Amurang tersebut melibatkan peserta yang terdiri dari 60 guru SD dan 22 guru SMP.


Penyampaian Materi oleh Narasumber Hedwig Konny Liwe, S.Pd.

Dalam kegiatan ini, peserta mendapatkan pemaparan materi seperti menulis cerita pendek (cerpen), membaca dan menulis puisi (sajak, gurit), mendongeng, pidato, tembang tradisi, dan komedi tunggal (stand up comedy). Adapun narasumber dalam kegiatan ini yaitu Marlen Sovi Paat, Drs. Veky L.Ch.Rondonuwu, Ineke Deisy Sumangkut, S.Pd., Hedwig Konny Liwe, S.Pd., Ruddy Stenly Liow, M.Pd., dan Iswan Sual, S.S. Mereka merupakan penyusun model pembelajaran revitalisasi bahasa daerah yang telah dibuat oleh Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara. Selain mendapatkan pemaparan materi oleh narasumber, peserta juga diminta untuk membuat sebuah karya dari setiap materi dan mempresentasikannya kepada peserta lain sama seperti saat mereka mengajar para siswa di sekolah.


Penyampaian Materi oleh Narasumber Ruddy Stenly Liow, M.Pd.

Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa Selatan, sastrawan, budayawan, dosen, guru, dan pegiat bahasa/sastra daerah. Bentuk keterlibatan Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa Selatan adalah sebagai pelaksana program dalam menentukan para peserta yang akan ikut sambil berkoordinasi dengan Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara. Selain itu, Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa Selatan juga memastikan pelaksanaan pengimbasan pengajar utama kepada guru bahasa daerah di sekolah-sekolah terselenggara dengan baik. Dalam sambutannya, Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara menyampaikan “Harapannya, melalui kegiatan ini, para guru yang terlibat akan melakukan pengimbasan ke sekolah-sekolah berdasarkan modul-modul pembelajaran yang sudah disiapkan oleh Balai Bahasa Provinsi Sulut”.


Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara mempunyai tugas pokok, yakni tugas melaksanakan pelindungan dan pemasyarakatan bahasa dan sastra Indonesia khususnya di wilayah Provinsi Sulawesi Utara.

Statistik Kunjungan
    Hari Ini: 974 Pengunjung
    Bulan Ini: 11712 Pengunjung
    Total Kunjungan: 135532 Pengunjung
Kontak Kami
Media Sosial
Selamat Datang di Website Resmi Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara - Kami Siap Melayani Anda!