Bimbingan Teknis Pengajar Utama Revitalisasi Bahasa Daerah Minahasa Tonsea Tahun 2024

Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Pengajar Utama Revitalisasi Bahasa Daerah Minahasa Tonsea pada tanggal 21--24 Mei 2024. Kegiatan yang berlangsung selama 4 hari ini dilangsungkan di Hotel Sutan Raja Minahasa Utara. Sebanyak 71 peserta yang terdiri atas 51 guru SD dan 20 guru SMP yang ada di Kabupaten Minahasa Utara terlibat menjadi pengajar utama dalam kegiatan ini. Tujuan kegiatan ini ialah untuk melatih pengajar utama agar bisa mengimbaskan bahasa daerah kepada sesama pengajar dan peserta didiknya.


Sambutan dari Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa Utara Ennola Zusan Wenas, S.E., M.M.

Dalam kegiatan ini, peserta mendapatkan pemaparan materi seperti menulis cerita pendek (cerpen), membaca dan menulis puisi (sajak, gurit), mendongeng, pidato, tembang tradisi, dan komedi tunggal (stand up comedy). Adapun narasumber dalam kegiatan ini yaitu Drs. Maximilian M. Pinontoan, M.Pd., Ferdinan Wenas, S.H., M.S., M.M., Marie Matindas, S.Pd., M.M., Hendrik Rondonuwu, S.Pd., dan Janse Mandai, S.PAK. Mereka merupakan penyusun model pembelajaran revitalisasi bahasa daerah yang telah dibuat oleh Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara. Selain mendapatkan pemaparan materi oleh narasumber, peserta juga diminta untuk membuat sebuah karya dari setiap materi dan mempresentasikannya kepada peserta lain sama seperti saat mereka mengajar para siswa di sekolah.


Penyampaian Materi oleh Narasumber Janse Jenny Mandagi, S.PAK

Bimbingan teknis ini berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa, sastrawan, budayawan, dosen, guru, dan pegiat bahasa/sastra daerah. Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara menyampaikan, "Pelatihan ini difasilitasi oleh Balai Bahasa Provinsi Sulut dengan melibatkan para narasumber dari kalangan pemerintah daerah, sastrawan, budayawan, dosen, guru, dan pegiat bahasa/sastra daerah". Bentuk keterlibatan Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa Utara ialah sebagai pelaksana program dalam menentukan para peserta yang akan ikut sambil berkoordinasi dengan Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara. Selain itu, Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa Utara juga memastikan pelaksanaan pengimbasan pengajar utama kepada guru bahasa daerah di sekolah-sekolah terselenggara dengan baik.


Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara mempunyai tugas pokok, yakni tugas melaksanakan pelindungan dan pemasyarakatan bahasa dan sastra Indonesia khususnya di wilayah Provinsi Sulawesi Utara.

Statistik Kunjungan
    Hari Ini: 985 Pengunjung
    Bulan Ini: 11723 Pengunjung
    Total Kunjungan: 135543 Pengunjung
Kontak Kami
Media Sosial
Selamat Datang di Website Resmi Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara - Kami Siap Melayani Anda!