Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara Sukses Gelar Peringatan 100 Tahun A.A. Navis

Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara bekerja sama dengan IAKN (Institut Agama Kristen Negeri) Manado melaksanakan kegiatan Peringatan 100 Tahun A.A. Navis. Bertemakan "Menjelajah Karya Melalui Kabut Negeri", kegiatan ini digelar pada Rabu, 3 Juli 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula IAKN Manado, kegiatan ini diikuti oleh 160 peserta yang terdiri atas mahasiswa, dosen, dinas, media massa, dan UPT Kemdikbud yang ada di Sulawesi Utara.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara, Januar Pribadi, S.I.P., M.M. memberikan sambutan

Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Institut Agama Kristen Negeri Manado, Dr. Olivia Cherly Wuwung, S.T., M.Pd. Dalam sambutannya, beliau mengajak semua peserta untuk mengenang dan mengapresiasi karya-karya yang telah dihasilkan oleh A.A. Navis, serta mengimplementasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya, Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara, Januar Pribadi, S.I.P., M.M. memberikan sambutan. Dalam sambutannya beliau menyampaikan "Peringatan ini juga menjadi momentum besar untuk memperkenalkan dan memajukan sastra Indonesia. Harapan besarnya adalah agar generasi muda di Sulawesi Utara dapat mengenal sosok A.A. Navis, seorang sastrawan terkemuka Indonesia."


Rektor Institut Agama Kristen Negeri Manado, Dr. Olivia Cherly Wuwung, S.T., M.Pd. menyampaikan sambutan sekaligus membuka kegiatan

Adapun narasumber dalam kegiatan ini adalah Sastrawan Wayan Jengki Sunarta dan Sastrawan Fredy Wowor. Penyampaian materi dalam kegiatan kali ini dilakukan dengan cara gelar wicara. Dalam percakapan, Freddy Wowor menyampaikan "Dengan adanya kemajuan teknologi, mengikis minat masyarakat untuk mencari informasi lebih dalam, sehingga membentuk perilaku berpikir manusia menjadi lebih instan. Tentu saja, ini menjadi masalah serius bagi kita semua."


Gelar wicara bersama narasumber Wayan "Jengki" Sunarta (tengah) dan Fredy Wowor (kiri) yang dipimpin oleh Anas Yuliadi Nurdin, S.S., M.Hum.

Peringatan 100 Tahun A.A. Navis ini dilaksanakan sebagai apresiasi atas penetapan hari lahir A.A. Navis sebagai perayaan internasional oleh UNESCO. Rangkaian acara ini berlangsung sepanjang tahun 2024, mulai dari Maret hingga November, peringatan 100 tahun A.A. Navis diadakan secara bergiliran di berbagai balai/kantor bahasa. Puncaknya di tingkat nasional pada 17—19 November 2024 di Perpustakaan Nasional. Kegiatan ini akan berlangsung juga di Kantor Pusat UNESCO di Paris pada 11—15 November 2024, yang diharapkan akan menjadi "pintu masuk" untuk memperkenalkan bahasa dan budaya Indonesia secara lebih luas kepada publik asing.


Foto bersama

Kegiatan ini mendapatkan antusias yang baik dari peserta. Besar harapan kegiatan ini dapat menghasilkan generasi muda yang mampu mendalami karya sastra, berpikir kritis, serta memahami konsep hidup dari karya sastra tersebut.

Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara mempunyai tugas pokok, yakni tugas melaksanakan pelindungan dan pemasyarakatan bahasa dan sastra Indonesia khususnya di wilayah Provinsi Sulawesi Utara.

Statistik Kunjungan
    Hari Ini: 1004 Pengunjung
    Bulan Ini: 11742 Pengunjung
    Total Kunjungan: 135562 Pengunjung
Kontak Kami
Media Sosial
Selamat Datang di Website Resmi Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara - Kami Siap Melayani Anda!