Pemberdayaan Komunitas Penggerak Literasi Penulisan Cerita Anak Bahasa Melayu Manado di Kota Tomohon 2022

Pada tanggal 23–25 Mei 2022 Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara melaksanakan kegiatan Pemberdayaan Komunitas Penggerak Literasi Penulisan Cerita Anak Bahasa Melayu Manado di Kota Tomohon. Kegiatan ini dihadiri oleh guru-guru dan pembina-pembina yang ada dalam komunitas literasi di Kota Tomohon. Jumlah peserta dalam kegiatan ini sebanyak 50 orang.

Kegiatan ini dimulai dengan doa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya dibuka dengan sambutan dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tomohon Dr. Juliana D. Karwur, M.Kes., M.Si. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Subbagian Tata Usaha Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara Yunita K.K. Dien, S.S., M.Pd.

Adapun narasumber dalam kegiatan ini adalah dr. Kartika Devi Tanos, MARS, Putra Kamajaya, S.Sn., dan Rikson Childwan Karundeng. Materi-materi yang disampaikan selama 3 hari dalam kegiatan ini antara lain Seputar Literasi di Sulawesi Utara, Proses Penulisan Buku Cerita Anak dalam Bahasa Melayu Manado, dan Perjenjangan Buku Nonteks. Penyampaian materi dilakukan dengan sesi pemaparan materi dan sesi tanya jawab.

Dalam akhir kegiatan seluruh hasil karya penulisan dari peserta dikumpulkan untuk dijadikan bahan dalam penyusunan buku cerita anak bahasa Melayu Manado. Selanjutnya kegiatan ditutup dengan sambutan dari Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado. Kegiatan ini mendapatkan antusias yang baik dari para peserta. Diharapkan kegiatan seperti ini dapat dilakukan kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *