Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara sukses menggelar kegiatan Penerjemahan Cerita Anak pada 7—9 September 2023 di salah satu hotel ternama di Kota Manado. Kegiatan tersebut menghasilkan naskah cerita anak dalam dua bahasa, bahasa daerah dan bahasa Indonesia. Kegiatan ini diikuti oleh delapan orang penerjemah yang menerjemahkan tiga bahasa daerah, yakni bahasa Melayu Manado, bahasa Sangihe, dan bahasa Mongondow. Naskah-naskah terjemahan cerita anak yang dihasilkan melalui kegiatan ini ditujukan bagi pembaca awal usia anak anak SD kelas 1—3.

Peserta kegiatan Penerjemahan Cerita Anak selama tiga hari ini dibagi ke dalam tiga kelompok diskusi sesuai bahasa yang akan diterjemahkan. Pembahasan naskah dalam kelompok-kelompok diskusi kecil ini sangat berdinamika karena perlu kesepakatan dalam pemilihan kata yang tepat. Melalui kesempatan ini pula para penerjemah cerita anak mendapat pengalaman dalam menerjemahkan bahasa daerah dengan beragam teknik menerjemahkan dari para tim Penerjemah Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara. Seturut pula dengan kesempatan yang sama, para penerjemah cerita anak mendapat pengetahuan kebahasaan dari tim Penyuluh Bahasa Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara untuk ketepatan kata yang digunakan dalam penerjemahan mereka masing-masing.

Dalam kegiatan ini, para penerjemah menerjemahkan naskah terjemahan bahasa daerah Mongondow, Sangihe, dan Melayu Manado ke dalam bahasa Indonesia. Sejumlah 15 naskah dalam format pdf berhasil diselesaikan dengan baik dengan pendampingan dari tim Penerjemah dan Penyuluh Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara. Naskah yang telah diterjemahkan dalam format pdf, yakni 8 naskah terjemahan bahasa Melayu Manado, 4 naskah terjemahan bahasa Mongondow, dan 3 naskah terjemahan bahasa Sangihe.

Semoga hasil terjemahan seluruh narasumber kegiatan ini mampu memperkaya khazanah bahan literasi untuk Indonesia dan dunia. Amat memungkinkan untuk mulai memperkenalkan bahasa daerah kita ke tingkat internasional melalui penerjemahan multibahasa. Mengapa tidak? Mari mengaminkan mimpi-mimpi yang positif agar dapat kita tunai satu per satu pada tahun-tahun mendatang. amin.


0 Comments

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *